SOAL :
Pemrograman Linier :
Suatu
perusahaan akan memproduksi 2 jenis produk yaitu lemari dan kursi. Untuk
memproduksi 2 produk tersebut dibutuhkan 2 kegiatan yaitu proses
perakitan dan pengecatan. Perusahaan menyediakan waktu 56 jam untuk
proses perakitan dan 60 jam untuk proses pengecatan. Untuk produksi 1
unit lemari diperlukan waktu 8 jam perakitan dan 5 jam pengecatan. Untuk
produksi 1 unit kursi diperlukan 7 jam perakitan dan 12 jam pengecatan.
Jika masing masing produk adalah Rp. 200.000,- untuk lemari dan Rp.
100.000,- untuk kursi. Tentukan solusi optimal agar mendapatkan untuk
laba maksimal (Lemari = X ; Kursi = Y).
AHP :
Seorang
mahasiswa UG ingin membeli sebuah telpon selular. Setelah melihat-lihat
di toko yang terletak di Margo City maka mahasiswa tersebut menentukan
ada 3 merk yang kelihatannya dapat memenuhi kebutuhannya akan telepon
seluler tersebut, yaitu Apple, Blackberry dan Samsung. Namun demikian,
ia masih merasa kesulitan untuk menentukan telpon seluler mana yang
harus dibeli. Ia minta bantuan mahasiswa teman satu kosnya yang sudah
belajar AHP untuk mengaplikasikan pengetahuan dan pemahamannya dalam
menentukan keputusan untuk pembelian telpon seluler tersebut. Setelah
berdiskusi dengan temannya, maka didapatkan bahwa kriteria yang
dibandingkan untuk produk telpon selular adalah battery, camera dan
touch screen. Adapun nilai kepentingan relatif hasil wawancara adalah
sebagai berikut :
Battery
|
Camera
|
Touchscreen
| |
Battery
|
1
|
1/4
|
3
|
Camera
|
4
|
1
|
7
|
Touchscreen
|
1/3
|
1/7
|
1
|
Hasil
wawancara untuk kepentingan relatif dari merk yang dikaji berturut-turut
untuk battery, camera dan touch screen adalah sebagai berikut :
Apple
|
Blackberry
|
Samsung
| |
Apple
|
1
|
4
|
3
|
Blackberry
|
1/4
|
1
|
1/2
|
Samsung
|
1/3
|
2
|
1
|
Apple
|
Blackberry
|
Samsung
| |
Apple
|
1
|
5
|
3
|
Blackberry
|
1/5
|
1
|
¼
|
Samsung
|
1/3
|
4
|
1
|
Apple
|
Blackberry
|
Samsung
| |
Apple
|
1
|
1/3
|
1/7
|
Blackberry
|
3
|
1
|
½
|
Samsung
|
7
|
2
|
1
|
Buatlah
hirarki penyelesaian persoalan, selesaikan perhitungan agar dihasilkan
keputusan (gunakan 3 digit decimal di belakang titik).
0 komentar:
Posting Komentar