PROPOSAL “PENGARUH INTERNET TERHADAP PELAJAR DALAM LINGKUNGAN SOSIAL”




“PENGARUH INTERNET TERHADAP PELAJAR DALAM LINGKUNGAN SOSIAL


BAB I PENDAHULUAN

1.1              Latar Belakang Masalah
Perkembangan teknologi informasi saat ini yang semakin pesat turut memunculkan pula media-media baru seperti internet. Teknologi informasi baru tersebut telah menyebabkan terjadinya revolusi digital. Informasi digital adalah pengubahan dari bunyi, gambar, dan teks ke dalam format yang terbaca oleh computer. Dengan mengubah bentuk yang di kodekan. Revolusi digital tersebut telah menyebabkan beberapa media lama mengalami transformasi fungsi seperti radio yang hanya suara tetapi sekarang telah menjadi saluran penting bagi informasi bunyi,visual,dan teks melalui internet.
Internet sebagai sekedar jaringan computer adalah tidak dapat di benarkan. Jaringan computer hanyalah medium yang membawa informasi. Daya guna internet terletak pada informasi itu sendiri, bukan pada jaringan computer, sehingga dapat di katakan bahwa internet merupakan sumberdaya informasi yang berorientasi ke manusia. Internet memberikan kesempatan pada pemakai seluruh dunia untuk mempergunakan sumber daya informasi tersebut secara bersama-sama. Dapat mengirim dan menerima informasi  untuk hal ini di perlukan jaringan telekomunikasi dan computer yang memadai serta perangkat lunak sebagai browser ( penjelajah ).
1.2              Identifikasi Masalah
Berdasarkan latar belakang masalah diatas, dapat diidentifikasi permasalahan yang berkaitan dengan pengaruh dari internet, antara lain: dampak positif, dampak negatif terhadap para pelajar tersebut.
1.3              Batasan Masalah
Penulis membatasi permasalahan tentang teknologi informasi yaitu internet di lingkungan masyarakat sosial di semua kalangan terutama pada pelajar. Dan juga akan membahas dampak positif dan dampak negative dari permasalahan tersebut.
1.4              Rumusan Masalah
Masalah yang akan dirumuskan penulis adalah sebagai berikut:
1. Apakah teknologi informasi berupa internet berfungsi di semua kalangan pelajar ?
2. Apa dampak positif dan negatif pengaruh internet saat ini yang menyediakan berbagai layanan situs yang bebas dan mudah di akses oleh pelajar ?
3. Bagaimana peran dan serta orang tua untuk memonitori anak-anak tersebut ketika membuka internet ?
1.5              Tujuan Penelitian
1. Untuk mengetahui fungsi internet di kalangan masyarakat di bidang sosial  terutama untuk pelajar.
2. Untuk mengetahui apa dampak positif dan negatif pada pelajar karena terlalu sering menggunakan internet.
1.6              Manfaat dan Kegunaan Penelitian
1.  Menambah  pengetahuan khususnya bagi penulis dalam hal penelitian. 
2. Mengetahui  hubungan sosial budaya dengan teknologi informasi terutama internet yang saat ini sangat dibutuhkan oleh kalangan masyarakat.

BAB 2 LANDASAN TEORI
2.1              Pengertian Handphone
            Internet adalah jaringan besar yang saling berhubungan dari jaringan-jaringan komputer yang menghubungkan orang-orang dan komputer-komputer diseluruh dunia, melalui telepon, satelit dan sistem-sistem komunikasi yang lain. Internet dibentuk oleh jutaan komputer yang terhubung bersama dari seluruh dunia, memberi jalan bagi informasi (mulai dari text, gambar, audio, video, dan lainnya ) untuk dapat dikirim dan dinikmati bersama. Untuk dapat bertukar informasi, digunakan protocol standar yaitu Transmision Control Protocol dan internet Protocol yang lebih dikenal sebagai TCP/IP. TCP (Transmission Control Protocol) bertugas untuk memastikan bahwa semua hubungan bekerja dengan benar, sedangkan IP (Internet Protocol) yang mentransmisikan data dari satu komputer ke komputer lain. TPC/IP secara umum berfungsi memilih rute terbaik transmisi data, memilih rute alternatif jika suatu rute tidak dapat di gunakan, mengatur dan mengirimkan paket-paket pengiriman data.
            Untuk dapat ikut serta menggunakan fasilitas Internet, Anda harus berlangganan ke salah satu ISP (Internet Service Provider) yang ada dan melayani daerah Anda. ISP ini biasanya disebut penyelenggara jasa internet. Anda bisa menggunakan fasilitas dari Telkom seperti Telkomnet Instan, speedy dan juga layanan ISP lain seperti first media, netzip dan sebagainya. Di Indonesia, seperti negara berkembang dimana akses Internet dan penetrasi PC sudah cukup tinggi dengan di dukungnya Internet murah dan netbook murah, hanya saja di Indonesia operator kurang fair dalam menentukan harga dan bahkan ada salah satu operator yang sengaja membuat “perangkap jebakan” agar supaya si pengguna Internet bayar lebih mahal sampai ber juta-juta rupiah!!, lainnya sekitar 42% dari akses Internet melalui fasilitas Public Internet akses seperti warnet (warung internet), cybercafe, hotspot dll. Tempat umum lainnya yang sering dipakai untuk akses Internet adalah di kampus, di kantor, dan terdapat juga di toko-toko yang menyediakan akses wi-fi, seperti Wifi-cafe. Pengguna hanya perlu membawa laptop (notebook), atau PDA, yang mempunyai kemampuan wifi untuk mendapatkan akses Internet.
            Disamping menggunakan PC (Personal Computer), kita juga dapat mengakses Internet melalui Handphone (HP) menggunakan Fasilitas yang disebut GPRS (General Packet Radio Service). GPRS merupakan salah satu standar komunikasi wireless (nirkabel) yang memiliki kecepatan koneksi 115 kbps dan mendukung aplikasi yang lebih luas (grafis dan multimedia). Teknologi GPRS dapat diakses yang mendukung fasilitas tersebut. Pen-setting-an GPRS pada ponsel Tergantung dari operator (Telkomsel, Indosat, XL, 3) yang digunakan. Biaya akses Internet dihitung melalui besarnya kapasitas (per-kilobite) yang didownload.   

2.2              Lingkungan sosial
            Lingkungan sosial adalah hubungan interaksi antara masyarakat dengan lingkungan.Sikap masyarakat terhadap lingkungan sosial dipengaruhi oleh nilai sosial, itulah hubungannya. Jika nilai sosial tentang lingkungan lantas berubah/terjadi pergeseran, maka sikap masyarakat terhadap lingkungan juga berubah/bergeser. Itulah sebabnya masyarakat dan nilai sosial selalu terlihat dinamis, terlepas dari baik dan buruknya lingkungan sosial.
Lingkungan sosial ini biasanya dibedakan:
·           Lingkungan Sosial Primer:
            Yaitu lingkungan sosial di mana terdapat hubungan yang erat antara anggota          satu dengan anggota lain, anggota satu saling kenal mengenal dengan baik          dengan anggota lain.
·           Lingkungan Sosial Sekunder:
            Yaitu lingkungan sosial yang berhubungan anggota satu dengan anggota lain          agak longgar.

2.3              Masyarakat
Masyarakat juga sering dikenal dengan istilah society yang berarti sekumpulan orang yang membentuk sistem, yang terjadi komunikasi didalam kelompok tersebut. Menurut Wikipedia, kata Masyarakat sendiri diambil dari bahasa arab, Musyarak. Masyarakat juga bisa diartikan sekelompok orang yang saling berhubungan dan kemudian membentuk kelompok yang lebih besar. Biasanya masyarakat sering diartikan sekelompok orang yang hidupa dalam satu wilayah dan hidup teratur oleh adat didalamnya..
2.4              Pelajar
Pelajar adalah sekumpulan siswa-siswi yang belajar dilingkungan sekolah untuk mendapatkan pendidikan. Pelajar dibedakan menjadi kita fase yaitu : SD, SMP, SMA. Dalam proses belajar, pelajar diajarkan oleh Guru.

2.5              Dampak Positif dan Negatif
2.5.1        Dampak Postif Penggunaan Internet :
1.      Internet sebagai media komunikasi :
merupakan fungsi internet yang paling banyak digunakan dimana setiap pengguna internet dapat berkomunikasi dengan pengguna lainnya dari seluruh dunia.
2.      Media pertukaran data :
dengan menggunakan email, newsgroup, ftp dan www (world wide web : jaringan situs-situs web) para pengguna internet di seluruh dunia dapat saling bertukar informasi dengan cepat dan murah.
3.      Media untuk mencari informasi atau data :
perkembangan internet yang pesat, menjadikan www sebagai salah satu sumber informasi yang penting dan akurat.
                                                   
4.      kemudahan untuk memperoleh informasi yang ada di internet banyak membantu manusia sehingga manusia tahu apa saja yang terjadi. Selain itu internet juga bisa digunakan sebagai lahan informasi untuk bidang pendidikan, kebudayaan, dan lain-lain.
5.      Kemudahan bertransaksi dan berbisnis dalam bidang perdagangan :
Dengan kemudahan ini, membuat kita tidak perlu pergi menuju ke tempat penawaran/penjualan karena dapat di lakukan lewat internet.

2.5.2        Dampak Negatif Penggunaan Gadget Pada Anak
1.      Pornografi :
Anggapan yang mengatakan bahwa internet identik dengan pornografi,memang tidak salah. Dengan kemampuan penyampaian informasi yang dimiliki internet, pornografi pun merajalela.Untuk mengantisipasi hal ini, para produsen browser melengkapi program mereka dengan kemampuan untuk memilih jenis home-page yang dapat di-akses.Di internet terdapat gambar-gambar pornografi dan kekerasan yang bisa mengakibatkan dorongan kepada seseorang untuk bertindak kriminal.
2.      Violence and Gore :
Kekejaman dan kesadisan juga banyak ditampilkan. Karena segi bisnis dan isi pada dunia internet tidak terbatas, maka para pemilik situs menggunakan segala macam cara agar dapat menjual situs mereka. Salah satunya dengan menampilkan hal-hal yang bersifat tabu.
3.      Penipuan :
Hal ini memang merajalela di bidang manapun. Internet pun tidak luput dari serangan penipu. Cara yang terbaik adalah tidak mengindahkan hal ini atau mengkonfirmasi informasi yang Anda dapatkan pada penyedia informasi tersebut.
4.   Carding :
     Karena sifatnya yang real time(langsung), cara belanja dengan menggunakan Kartu kredit adalah carayang paling banyak digunakan dalam dunia internet. Para penjahat internet pun paling banyak melakukan kejahatan dalam bidang ini. Dengan sifat yang terbuka, para penjahat mampu mendeteksi adanya transaksi (yang menggunakan Kartu Kredit) on-line dan mencatat kode Kartu yang digunakan. Untuk selanjutnya mereka menggunakan data yang mereka dapatkan untuk kepentingan kejahatan mereka.
5.  Perjudian :
       Dampak lainnya adalah meluasnya perjudian. Dengan jaringan yang tersedia, para penjudi tidak perlu pergi ke tempat khusus untuk memenuhi keinginannya. Anda hanya perlu menghindari situs seperti ini, karena umumnya situs perjudian tidak agresif dan memerlukan banyak persetujuan dari pengunjungnya.
Secara garis besar dampak negatif internet adalah :

2.6              Hipotesis
Internet pasti akan sangat berpengaruh pada anak. Contohnya penggunaan internet akan berpengaruh pada psikologi anak dan akan terus ketergantungan terhadap internet .

BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN
3.1  Tempat & Waktu Penelitian
1.      Tempat Penelitian
SMP SILOAM  Jl.Kartini Raya No.13 Depok Lama
2.      Waktu
Senin, 20 Mei 2014. Jam 08:00-09:00.

3.2              Metode Penelitian
3.2.1        Teknik Pengumpulan data
a. Studi Kepustakaan
Dengan teknik ini diharapkan akan terangkat teoritik yang berkaitan dengan masalah yang akan dibahas.
b. Metode Observasi
Yaitucara pengumpulan data dengan menggunakan pengamatan langsung, terhadap yang diteliti.

c.    Wawancara
Secara definitive wawancara adalah proses memperoleh keterangan untuk tujuan penelitian dengan cara Tanya Jawab, sambil bertatap muka antara peneliti dengan informan dengan menggunakan alat yang di namakan interview guide (panduan wawancara).

Daftar Pusaka



0 komentar:

Posting Komentar