Post Test Susunan Staff - Pengelolaan Proyek Sistem Informasi

Soal :
Jelaskan tugas masing-masing anggota tim proyek.

Jawaban :

1. Manajer Proyek (Project Manager).


PM adalah posisi pertama yang harus diisi. Pekerjaan ini diisi ketika proyek masih sekilas di mata orang, karena PM yang pertama menentukan apakah sebuah proyek dapat dikerjaka atau tidak. Mereka mencari seseorang yang memilih kemampuan berkomunikasi dengan baik. Keahlian-keahlian lain yang mereka cari adalah pengetahuan tentang manajemen proyek, kemampuan mengorganisasi, dan keahlian teknik.

2. Pimpinan Proyek (Project Leader). 

Pimpinan Proyek adalah posisi kedua yang harus diisi. Sangatlah baik jika PM memilih orang ini. Pertama, PM harus bernegosiasidenga Manajer Fungsional untuk tugas-tugas PL, kemudian yainkan PL untuk bergabung dalam tim. PL terdaftar pada proposal karena banyak detail proposal dikerjakan oleh PL. pekerjaan ini bersifat teknis, karena pilihlah hasil terbaik.
PM dan PL akan mulai berpikir tentang siapa yang dapat membentuk tim pemrograman dan bertanya pada Manajemen Fungsional (jika diperlukan) tntang kemampuan orang-orang ini (Programmer). Kemudan, ketika kontrak ditandatangai, mulailah mengumpulkan tim programmer. Pertama pilih programmer dengan kemampuan pemrogramannya. Sebagai tambahan carilah keterangan tentang pengalaman mereka, tetapi bukan seseorang yang sudah melakukan hal yang sama selama 5 kali berturut-turut orang ini akan bosan. Hal lain yang dapat dipertimbangkan adalah latar belakang tentang sistem operasi, atau hal lainnya.

3. Programmer ahli ( The Guru Programmer).

Programmer ahli atau ‘Hacker’ bekerja secara misterius, pada jam-jam yang aneh. Suka menentang dan tidak mau diatur, hanya ingin mengerjaka tugas sesuai dengan keinginannya. Tetapi ahli dalam bidangnya, dapat membuat program tugas-tugas yang rumit 10 kali lebih cepat dari orang lain.

4. Programmer Pemula (The Junior Programmer).
Programmer pemula biasanya memiliki bakat dan mempunyai keinginan untuk membuktikan diri mereka. Ada dua keahlian, bagaimanapun itu tidak selalu diajarkan di sekolah : komunikasi tim dan komunikasi manajemen.

0 komentar:

Posting Komentar